Keajaiban dan Keindahan Alam Semesta: Anime dengan Tema Luar Angkasa yang Mengagumkan

tema luar angkasa
0 0
Read Time:6 Minute, 31 Second

Dunia anime Jepang dikenal luas karena kemampuannya menciptakan dunia-dunia fantastis yang menakjubkan dan mempesona. Salah satu setting yang sering kali dijadikan latar belakang cerita adalah alam semesta, dengan keindahan dan misteri luar angkasa yang menjadi inspirasi bagi sejumlah anime luar biasa. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa anime dengan tema luar angkasa yang menonjol dalam menggambarkan keindahan dan keajaiban alam semesta.

Anime Dengan Tema Luar Angkasa Yang Menggambarkan Keindahan Dan Keajaiban Alam Semesta

Cowboy Bebop

“Cowboy Bebop” adalah sebuah anime Jepang yang dibuat oleh ShinichirĊ Watanabe dan diproduksi oleh Sunrise. Pertama kali ditayangkan pada tahun 1998, seri ini memiliki 26 episode dan menjadi sangat populer, baik di Jepang maupun di luar negeri. “Cowboy Bebop” juga dikenal karena penggunaan musik jazz yang sangat kuat dalam soundtracknya. Yang disusun oleh Yoko Kanno dan The Seatbelts.

Anime ini berlatar belakang masa depan pada tahun 2071. Di mana Bumi hampir tidak bisa ditinggali dan umat manusia telah menyebar ke berbagai planet dan bulan di seluruh tata surya. Cerita ini berpusat pada sekelompok pemburu hadiah yang dikenal sebagai “cowboys”. Kelompok ini terdiri dari karakter-karakter seperti Spike Spiegel, seorang mantan anggota sindikat kejahatan dengan masa lalu yang gelap; Jet Black, mantan polisi dan kapten dari kapal ruang angkasa Bebop; Faye Valentine, penjudi berhutang yang menderita amnesia; dan Edward, seorang peretas jenius yang eksentrik.

Cowboy Bebop dikenal karena gaya visualnya yang stylish, pengembangan karakter yang mendalam. Dan plot episodik yang sering kali melibatkan berbagai genr. Termasuk film noir, western, dan fiksi ilmiah. Meskipun setiap episode biasanya memiliki plot yang berdiri sendiri, ada busur cerita yang berjalan melalui seluruh seri yang melibatkan masa lalu Spike dan konfliknya dengan sindikat kejahatan Red Dragon.

Seri ini juga dikenal karena pendekatannya terhadap tema seperti eksistensialisme, kesepian, dan pencarian makna dalam kehidupan. Dengan kombinasi unik antara aksi, humor, dan drama, serta soundtrack jazz yang memukau. “Cowboy Bebop” telah dikenal sebagai salah satu anime paling berpengaruh dan terkenal sepanjang masa. Pada tahun 2021, Netflix merilis adaptasi live-action dari seri ini.

Space Dandy

“Space Dandy” adalah anime sains fiksi komedi yang dibuat oleh ShinichirĊ Watanabe dan diproduksi oleh Bones. Sutradara yang sama dari “Cowboy Bebop”. Anime ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2014 dan terdiri dari dua musim dengan total 26 episode.

Anime ini berpusat pada karakter utama Dandy, seorang “pemburu alien” yang bekerja untuk mencari dan menangkap spesies alien yang belum diketahui di seluruh galaksi. Dandy adalah sosok yang santai dan sedikit bodoh, tetapi selalu mendapatkan cara melalui situasi paling aneh sekalipun. Dia melakukan perjalanan ruang angkasa bersama rekannya, yaitu robot bernama QT dan makhluk mirip kucing yang disebut Meow.

“Space Dandy” dikenal karena gaya visualnya yang sangat berwarna dan penuh imajinasi. Dengan setiap episode biasanya menampilkan planet baru dengan desain dan konsep unik. Struktur ceritanya juga sangat episodik. Dengan setiap episode biasanya memiliki plot yang berdiri sendiri dan tidak ada kontinuitas yang jelas antara episode. Hal ini memungkinkan anime untuk mengeksplorasi berbagai genre dan gaya, dari parodi fiksi ilmiah hingga horor, romansa, dan bahkan musikal.

Meski memiliki suasana yang lebih ringan dan komedi dibandingkan “Cowboy Bebop”, “Space Dandy” tetap mengeksplorasi beberapa tema filosofis tentang kehidupan, kematian, dan sifat alam semesta. Dengan kombinasi antara komedi absurdis, aksi luar angkasa, dan eksplorasi visual yang kreatif, “Space Dandy” menawarkan pengalaman anime yang unik dan menghibur.

Planetes

“Planetes” adalah sebuah anime sains fiksi yang berlatar belakang pada tahun 2075 dan berfokus pada masalah sampah luar angkasa, serta dampaknya terhadap misi dan penjelajahan ruang angkasa. Seri ini dibuat oleh Makoto Yukimura dan diproduksi oleh Sunrise. Anime ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2003 dan berlangsung selama 26 episode.

Ceritanya berpusat pada sekelompok pekerja yang bertugas untuk membersihkan sampah luar angkasa, termasuk Hachirota “Hachimaki” Hoshino, seorang pria muda yang bercita-cita menjadi astronot. Tim tersebut beroperasi dari kapal penarik ruang angkasa yang disebut Toy Box, yang berbasis di stasiun ruang angkasa bernama ISPV-7.

Meskipun premisnya yang tampaknya sederhana, “Planetes” mengeksplorasi berbagai isu kompleks seperti politik ruang angkasa, tekanan ekonomi dan sosial. Serta tantangan teknis dan etis dari penjelajahan ruang angkasa. Seri ini juga dikenal karena pengembangan karakternya yang mendalam dan realistis. Dengan setiap anggota dari tim memiliki latar belakang dan motivasi yang unik.

“Planetes” menggabungkan elemen drama, komedi, dan aksi, sambil juga menyajikan pandangan yang realistis dan mendalam tentang kehidupan dan kerja di luar angkasa. Dengan pendekatan ini, seri ini memberikan gambaran yang menarik dan menantang tentang masa depan di mana penjelajahan ruang angkasa telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Neon Genesis Evangelion

“Neon Genesis Evangelion” adalah anime mecha yang dikembangkan oleh Gainax dan disutradarai oleh Hideaki Anno. Serial ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1995 dan terdiri dari 26 episode. Meski awalnya tampak seperti seri robot raksasa (mecha) standar, “Evangelion” membangun reputasinya berkat pendekatan psikologis yang mendalam, simbolisme religius, dan kritik terhadap genre mecha itu sendiri.

Cerita ini berlatar belakang di Tokyo-3, sebuah kota benteng pasca-apokaliptik yang sering diserang oleh makhluk raksasa dan misterius yang dikenal sebagai Angels. Untuk melawan Angels, organisasi paramiliter bernama NERV telah mengembangkan unit raksasa bernama Evangelions (biasanya disingkat sebagai “Evas”). Pilot dari Eva ini adalah remaja yang dipilih khusus, termasuk karakter utama Shinji Ikari, anak dari komandan NERV, Gendo Ikari.

“Neon Genesis Evangelion” mengeksplorasi berbagai tema yang berat dan rumit seperti depresi, isolasi, dan tekanan menjadi seorang pahlawan. Penggambaran karakternya juga sangat mendalam dan sering kali gelap, dengan banyak karakter yang menunjukkan berbagai masalah psikologis dan emosional.

Anime ini juga dikenal karena endingnya yang kontroversial dan membingungkan, yang meninggalkan banyak pertanyaan tanpa jawaban dan memicu banyak debat di antara penggemar. Film “End of Evangelion” (1997) dirilis sebagai alternatif untuk dua episode terakhir serial ini dan menyajikan resolusi yang lebih eksplisit. Meski sama kontroversialnya.

Sejak dirilis, “Neon Genesis Evangelion” telah menjadi salah satu anime paling berpengaruh dan dibicakan. Diakui karena pendekatannya yang inovatif dan menantang genre mecha. Serta tema-tema filosofis dan psikologisnya yang berat.

Legend of the Galactic Heroes

“Legend of the Galactic Heroes” (LOGH) adalah seri anime yang berdasarkan pada novel luar angkasa bertema militer oleh Yoshiki Tanaka. Anime ini diproduksi oleh studio Artland dan diproduksi dalam dua fase, pertama adalah OVA yang berlangsung dari 1988 hingga 1997, dan seri televisi yang disiarkan dari 1998 hingga 2000. LOGH terkenal karena fokusnya pada detail cerita dan karakter, serta pendekatan yang serius dan realistis terhadap perang antar bintang.

Ceritanya berlatar belakang di sebuah galaksi jauh di masa depan. Tempat dua kekaisaran antar bintang, Galactic Empire dan Free Planets Alliance. Sedang bertempur dalam perang yang tampaknya tak berkesudahan. Cerita ini berpusat pada dua karakter utama: Reinhard von Lohengramm dari Galactic Empire, seorang strategis militer yang brilian dan ambisius. Dan Yang Wen-li dari Free Planets Alliance, seorang sejarawan yang menjadi strategis militer meskipun sangat skeptis terhadap perang dan politik.

Sebagai suatu epos perang antar galaksi, LOGH menjelajahi berbagai tema termasuk politik, strategi militer, birokrasi, dan sejarah. Salah satu hal yang membuat LOGH begitu dihargai adalah bagaimana setiap karakter memiliki motivasi dan latar belakang yang jelas. Dan perang dan konflik yang terjadi mencerminkan kompleksitas dan kekejaman perang yang sesungguhnya.

Meski mungkin tampak mengintimidasi bagi beberapa penonton baru karena panjang dan skala ceritanya, “Legend of the Galactic Heroes” dianggap sebagai salah satu karya terbaik dalam genre fiksi sains dan anime, dan bagi mereka yang menikmati drama dan strategi perang yang mendalam dan memikirkan, ini adalah anime yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga Artikel : Anime Romantis dengan Cerita yang Mengharukan

Kesimpulan

Anime-anime ini menunjukkan bagaimana keindahan dan keajaiban alam semesta dapat dijelajahi dan digambarkan dalam berbagai cara yang berbeda. Dari petualangan komedi hingga drama realistis, dari opera luar angkasa hingga cerita bertema mecha, anime dengan tema luar angkasa memiliki banyak hal untuk ditawarkan bagi para penikmatnya. Selain menyajikan cerita yang menarik dan karakter yang mempesona, anime-anime ini juga memungkinkan kita untuk merasakan rasa takjub dan kekaguman atas keajaiban dan keindahan alam semesta.

Wajib Kunjungi : SLOT36 : BONUS NEW MEMBER 50%

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%